Rabu, 20 Agustus 2014

Google Drive

    Google Drive adalah layanan penyimpanan daring milik Google yang diluncurkan pada 24 April 2012. Layanan ini merupakan ekstensi dari Google Docs dan akan mengganti URL docs.google.com dengan drive.google.com setelah diaktifkan. Google Drive memberikan layanan penyimpanan gratis sebesar 5 GB dan dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu. Dengan fitur unggulan yang sama seperti Dropbox, yaitu sinkronisasi data melalui folder khusus di dalam desktop atau lebih dikenal dengan Desktop Sync Clients. GDrive memberikan kapasitas gratis sebesar 5 GB dan tentunya fitur-fitur yang terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti: Gmail, G+ dan Google Search. Fitur yang bisa digaris bawahi dari GDrive adalah API’s untuk para Developer. Hingga kini GDrive telah terhubung dengan puluhan aplikasi pihak ketiga

Keunggulan Google Drive


1. Gratis
   Dengan menggunakan layanan Google Drive ini, anda bisa mendapatkan free 15 GB online storage (share dengan Gmail dan Google+ Photos). Ini artinya, anda tidak perlu lagi menyimpan file-file penting pada flash disk atau Ext HDD anda lagi, karena sekarang anda dapat menyimpannya pada media penyimpanan baru anda secara online. Ya…hitung-hitung dapet “Flash Disk” gratis…he…he.
2. Tersedia Setiap Saat
   Karena Google Drive ini merupakan cloud storage, maka anda dapat mengakses dan melihat isi file-file yang anda disimpan pada Google Drive ini kapanpun dan dimanapun anda berada. Bahkan anda dapat mengakses file-file tersebut melalui smartphone atau tablet anda (saat ini tersedia untuk Android dan iOS). Jadi anda tidak perlu khawatir flash disk anda ketinggalan di rumah…he..he.
3. Aman
   Apapun yang terjadi pada perangkat komputer atau gadget anda, anda tidak perlu khawatir karena fle-file anda masih tetap aman tersimpan di Google Drive.
4. Kolaborasi
   Layanan Google Drive kini hadir terintegrasi dengan layanan Google Docs. Ini artinya, anda dapat membuat dokumen, spreadsheet, presentasi baru tanpa harus memiliki program untuk mengolahnya dalam komputer anda. Bukan hanya itu, anda pun dapat berkolaborasi dengan rekan kerja anda dalam mengolah dokumen-dokumen tersebut. Dimana anda dapat mengatur kewenangan rekan kolaborasi anda sesuai dengan kebutuhan, misalnya apakah mereka dapat ikut mengeditnya, hanya mengomentari, atau hanya dapat melihatnya saja?

Sumber : Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar